ZHsUuqapmVq6WEAviVpqkm2vfcrvCXMDInLmHdSj

RAMADHAN KARIM

Daftar Isi [ Buka ]

Fikih Ramadan


Assalamualaikum wa Rahmatullahi wa Barakaatuhu

Al-Hamdulillah, pagi ini kita telah memasuki puasa Ramadhan hari pertama. Ragam aktivitas Ramadhan, mulai puasa yang didalamnya ada makan sahur dan berbuka, shalat tarawih dan witir, i’tikaf, malam lailatul qadr, zakat fitrah, ibadah-ibadah pendukung lainnya, hingga idul fithri adalah sederet aktivitas yang memang sudah seharusnya dilandasi dengan pengetahuan. Terlebih bahwa aktivitas Ramadhan ini akan terus berulang disetiap tahunnya, ini sudah menjadi agenda rutin tahunan ummat Islam diseluruh dunia, jangan sampai agenda besar ini justru dianggap sepele sehingga aktivitas Ramadhan berjalan apa adanya, tanpa ada perbaikan yang signifikan.

Pengetahuan fiqih tentang Ramadhan akan menjadi sangat penting karena ia sangat berhubungan dengan teknis pelaksanaan, terlebih dalam perkara ini tidak jarang kita temui ragam perbedaan diantara ulama, yang jika tidak ada ilmunya bukan tidak mungkin kita lebih banyak berdebat ketimbang khusyuk melaksanakan rangkaian amaliyah Ramadhan, alih-alih mendapatkan pahala yang besar justru malah pahala terus tergerus akibat perdebatan yang menyulut emosi

Namun, sedih rasanya, pelangi Ramadhan tahun ini tampaknya berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pandemi Covid-19 saat ini yg telah meluluhlantahkan sendi-sendi kehidupan, hampir diseluruh dunia, tak terkecuali bangsa kita yang tercinta, Bangsa Indonesia. Suasana religiusitas,  kegembiraan, kenikmatan, kekeluargaan, bahkan euforia selama Ramadhan, takkan terasa lagi bak di telan bumi. Suasana ini sudah terasa, bahkan satu hari sebelum masuk Ramadhan, kita masih diliputi suasana ketidakpastian di tengah masa pandemi Covid-19. Jalan-jalan dan pusat-pusat ekonomi, terasa sepi tak seramai sebelumnya. Apapun kondisinya, meski demikain adanya, kita tetap wajib beribadah selama Ramadhan nanti dengan penuh keikhlasan dan ber-ikhtiar tiada batas. 



Akhir kata, mari kita terus jaga hati dan pikiran. Semoga kita selalu diberikan nikmat sehat, diberikan rejeki yang barokah, diterima semua amal baik kita.

Wassalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakaatuhu



Created by :Al-Hikmah Tegal
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar