ZHsUuqapmVq6WEAviVpqkm2vfcrvCXMDInLmHdSj

Mengenal Metode Tilawati Tegal

Daftar Isi [ Buka ]

Metode Tilawati

Kehadiran Taman Pendidikan Al Qur'an (TPQ) yang kini kian menjamur tak dipungkiri telah memberikan kontribusi nyata dalam syiar al Qur'an, khususnya untuk kalangan anak-anak. Diharapkan akan segera lahir generasi pecinta al Quran.

TPQ merupakan lembaga pendidikan keagamaan non formal yang fokus dalam mempelajari baca Qur'an dari nol, disamping materi-materi pendukung lainnya. Untuk itu, dalam pembelajarannya, TPQ biasanya menggunakan buku atau metode khusus yang digunakan dalam pembelajaran baca Quran.

Cukup beragam metode baca Qur'an yang di gunakan di TPQ atau di masyarakat, salahsatunya adalah Metode Tilaawati Tegal


Penyusun Metode Tilawati Tegal

Metode Tilawati Tegal merupakan salah satu metode belajar membaca Qur'an dengan irama ROSH sehingga cocok untuk pemula/ baru belajar membaca Quran.

Metode ini disusun dan dikembangkan oleh KH. Imran Ahmadi al Hafidz (alm), KH. Misbah Munir al Hafidz dan Ustadz Hafidz Muarif al Hafidz. 

Buku Tilawati Tegal terdiri dari 5 jilid, di tambah jilid Gharib/ Musykilat dan Jilid Tajwid. Masing-masing jilid dipelajari rata-rata antara 1-2,5 bulan. 

Kehadiran metode ini dirasa sangat membantu dalam pembelajaran Quran untuk kalangan anak-anak di Taman Pendidikan Quran (TPQ), salahsatunya di TPQ Al Hikmah Tegal tempat Admin berkhidmah.


Materi Pembelajaran Dalam Metode Tilawati Tegal

Metode Tilawati Tegal lebih tepatnya diperuntukkan untuk pemula atau yang baru ingin belajar membaca Qur'an. Untuk itu, metode ini disusun dalam beberapa jilid (5 jilid) dengan cakupan materi tiap jilidnya disusun dari yang paling mudah menuju yang sulit. 

Adapun rincian pengelompokan materinya adalah sebagai berikut :


JILID 1

Santri pertama-tama belajar harokat Fathah (A), Kasroh (I), dan  Dhommah (U) pada satu kata (kalimat) pisah dan berangkai, dengan kaidah bacaan CTM dan suara tidak terputus-putus serta tidak memanjang

  • Cepat (C) >> karena dilatih
  • Tepat (T) >> karena faham
  • Mandiri (M) >> karena tidak dituntun (oleh guru)
Target capaian kompetensi Jilid 1 adalah santri mampu membaca vokal A, I, dan U pada satu kata (kalimat) dengan baik dan benar sesuai kaidah CTM dan suaraya tidak putus-putus serta tidak memanjang.

    JILID 2

    Setelah santri menguasai vokal A, I, dan U pada Jilid 1, selanjutnya pada jilid 2 ini santri akan mempelajari materi pokok berikut ini :
    • harakat tanwin (fathatain, kasratain dan dhommatain)
    • bacaan panjang 1 Alif
    • bacaan Lin (suara AU dan AI)
    Target capaian kompetensi jilid 2 ini adalah santri mampu membaca huruf berharakat tanwin, bacaan panjang 1 Alif dan bacaan Lin, dengan dengan baik dan benar sesuai kaidah CTM dan suaranya tidak terputus-putus.


    JILId 3

    Setelah para santri memahami penerapan bacaan tiap harakat (fathah, kasroh, dhommah, dan tanwin), bacaan panjang 1 Alif dan bacaan Lin, selanjutnya pada jilid 3 ini santri akan mempelajari materi pokok berikut :

    • huruf berharakat sukun (huruf mati);
    • bacaan Ro tebal dan Ro tipis;
    • bacaan huruf bertasydid
    • bacaan dengung (idgham bi ghunnah)
    Adapun target capaian kompetensi Jilid 3 adalah santri sudah mampu membaca bacaan pendek, bacaan panjang 1 Alif dan bacaan dengung (idgham bi ghunnah) dengan baik dan benar sesuai kaidah CTM.


    JILID 4

    Boleh dikata bahwa jilid 4 merupakan kunci pembelajaran metode Tilawati. Artinya, penguasaan praktek bacaan pada jilid 4 dianggap sebagai tolok ukur penilaian bacaan santri sudah baik dan benar atau belum.

    Namun demikian, penguasaan praktek bacaan pada jilid-jilid sebelumnya juga sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya penguasaan praktek bacaan pada jilid 4 ini.

    Pada jilid 4, santri mulai diperkenalkan hukum-hukum bacaan tajwid baik secara teori maupun praktek. 

    Berikut materi yang dipelajarinya :

    • bacaan ghunnah musyaddadah (mim dan nun yang bertasydid;
    • bacaan idgham bi ghunnah;
    • bacaan ikhfa' hakiki;
    • lafadz Allah yang di baca tebal dan tipis;
    • bacaan mad wajib mutashil dan jaiz munfashil;
    • bacaan qolqalah (mantul);
    • bacaan idgham syafawi (mim sukun bertemu huruf MIM);
    • bacaan ikhfa' syafawi (mim sukun bertemu huruf BA);
    • bacaan Iqlab (Nun sukun atau tanwin bertemu huruf BA); dan
    • bacaan idgham bila ghunnah (nun sukun atau tanwin bertemu huruf LAM atau RO)
    Adapun target capaian kompetensi pada jilid 4 adalah santri mampu membaca panjang-pendek dan dengung/ samar-jelas pada potongan ayat-ayat Al Qur'an sesuai kaidah tajwid yang sudah diajarkan di atas.


    JILID 5

    Setelah santri menguasai praktek sebagian besar hukum-hukum tajwid pada jilid 4, maka pada jilid 5 ini santri akan mempelajari praktek hukum tajwid lainnya, yaitu praktek bacaan idzhar halqi dan idgham mutamatsilain

    Selain tambahan 2 hukum tajwid tersebut, pada jilid 5 santri juga akan mempelajari cara-cara waqaf (berhenti) pada akhir bacaan ayat.

    Adapun target capaian kompetensi jilid 5 ini adalah santri sudah mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid yang sudah diajarkan.


    Buku/ Jilid Pelengkap

    Setelah santri menyelesaikan pembelajaran jilid 1-5, untuk menyempurnakan bacaan Qur'an yang baik dan benar, baik secara teori maupun praktek, maka pembelajaran dilanjutkan dengan Jilid/ buku Gharib/ Musykilat dan jilid/ buku Tajwid

    Jilid Gharib merupakan jilid/ buku yang berisikan ayat-ayat yang musykil / sulit dan bacaan-bacaan yang perlu kehati-hatian, tentunya disertai dengan penjelasan yang ringkas.

    Sedangkan jilid/buku tajwid merupakan pelengkap pengetahuan dalam mempraktekkan bacaan Al Quran sesuai hukum-hukum tajwid.


    Target Akhir Pembelajaran

    Target kualitas yang ingin dicapai dalam pembelajaran Metode Tilawati ini adalah santri menguasai bacaan Al Quran dengan baik dan benar, yang meliputi :

    • Fashohah (praktek), meliputi kaidah : Al waqfu wal Ibtida’; Muroatul huruf wal harokat; Muroatul huruf wal kalimat
    • Tajwid (Teori dan Praktek), meliputi : Makhorijul huruf; Ahkamul huruf; Shifatul huruf; Ahkamul Mad wal Qoshr
    • Ghorib dan Musykilat (Teori dan Praktek)
    • Suara dan Irama (Praktek), meliputi Kualitas vokal dan penguasaan lagu ROST


    Tanbih

    Bacaan Qur'an yang Fashohah tergantung pada 4 hal berikut :

    • Mengetahui makharijul huruf (tempat keluar huruf
    • Mengetahui sifat2/ karakter huruf
    • Mengetahui perubahan hukum bacaan yang disebabkan perubahan susunan huruf/halimat
    • Melatih lisan/ riyadhah dan banyak membaca Quran

    Video Pembelajaran

    Guna mendukung pembelajaran Quran di TPQ Kami, berikut adalah video pembelajaran Metode Tilawati Tegal yang akan kami unggah secara bertahap di Channel YouTube Lembaga. Klik link dibawah ini

    Playlist Jilid 1 Tilawati Tegal



    Playlist Jilid 2 Tilawati Tegal



    Panduan Video Pembelajaran

    Panduan dalam video di atas dibuat dengan cara langsung mempraktekkan bacaan-bacaan huruf pada tiap halamannya, tanpa banyak penjelasan. Ini disesuaikan dengan tujuan dan maksud pembuatan video panduan ini yakni sebagai pendamping saja saat santri murajaah di rumah. 

    Berikut tutorialnya :

    1. Para santri membuka buku jilid sesuai halaman pada video yang ditonton. Atau santri langsung melihat kalimat / huruf-huruf yang ditunjuk pada video panduan ini.
    2. Santri membaca kalimat demi kalimat sesuai dengan contoh yang sudah diajarkan oleh ustadz kelas, dengan suara keras BERSAMAAN dengan suara dalam video ini
    3. Jika ada ketidaksesuaian antara bacaan santri dengan bacaan pada video, maka bacaan santri perlu di sesuaikan dengan bacaan / suara pada video ini
    4. Tak perlu gugup mempelajari bacaan tiap halamannya. Bila perlu ulangilah beberapa kali agar santri benar-benar paham bacaan yang benar
    5. Jangan melanjutkan halaman berikutnya jika halaman yang sedang dipelajari masih ada kekeliruan bacaan
    6. Ikutilah petunjuk yang disampaikan pengajar kelas dalam menggunakan video ini sebagai pendamping saat muraja'ah di rumah agar hasilnya sesuai yang di harapkan.

    Selamat belajar
    ADMIN

    ARTIKEL TERKAIT

    Posting Komentar