ZHsUuqapmVq6WEAviVpqkm2vfcrvCXMDInLmHdSj

Program Tahfidz Di TPQ Al Hikmah Tegal

Daftar Isi [ Buka ]

TPQ Al Hikmah Tegal


Al Hikmah Tegal. Assalamualaikum. Selamat datang Sobat Al Hikmah Tegal Media Informasi dan Shilaturahim. Artikel kali ini memuat program Tahfidz Juz 30 di TPQ Al Hikmah Tegal yang mana pada tahun ini mulai diaktifkan kembali setelah sebelumnya vakum dikarenakan beberapa kondisi.

TPQ Al Hikmah berdiri pada tahun 2000 telah berkomitmen untuk membumikan Al Qur'an. Kini telah memasuki babak baru dalam pengembangan program kurikulumnya, yakni integrasi program Tahfidz Juz Amma / Juz 30.

Sebelumnya, program Tahfidz di TPQ Al Hikmah berjalan sebagaimana umumnya kurikulum TPQ, yakni hanya Tahfidz Surat An-Nas sampai Adh-Dhuha. Hal ini dapat dipahami dikarenakan keterbatasan SDM, alokasi waktu dan tempat pembelajaran.

Adanya perubahan target program Tahfidz yang semula hanya beberapa surat pendek pada juz 30 menjadi Tahfidz Juz 30, diharapkan menjadi bagian dari upaya tak kenal lelah dalam Khidmah pengembangan pendidikan Al Qur'an pada TPQ Al Hikmah. Tentunya, seiring waktu berjalan program ini dapat dilanjut ke juz-juz berikutnya.

Tahfidz Juz Amma
Para santri terlihat senang saat tasyakuran Tahfidz Juz Amma

Program Tahfidz Juz 30 juga diharapkan menjadi cikal bakal pengembangan unit-unit pembelajaran di bawah naungan Yayasan Al Hikmah Tegal. Kelak diharapkan akan lahir kelas khusus Tahfidz 30 Juz, bukan hanya juz 30.

Segala infrastruktur yang dibutuhkan, tahap demi tahap mulai diseriusi terutama dalam pengembangan sarana dan prasarana yang kini masih dalam proses pembangunan. 

Perlu diketahui, bahwa Tahfidz merupakan istilah yang sedang booming dalam dunia pendidikan, tak terkecuali sekolah umum, yang notabene lebih banyak muatan pelajaran umumnya. Diketahui, bahwa belakangan banyak sekolah umum yang mengintegrasikan program Tahfidz, bahkan menjadi program unggulan. 

Tahfidz itu sendiri diartikan sebagai aktifitas menghafal. Dengan demikian, jika istilah ini disandingkan dengan Al Qur'an, dapat diartikan sebagai aktifitas dimana seseorang menghafal Al Qur'an.

Jika dikaitkan dengan masa belajar, maka masing-masing lembaga yang menjalankan program tersebut mempunyai target-target capaian. Misal tahun pertama khatam juz 30, tahun kedua khatam juz 29, dan seterusnya. Atau bisa saja dimulai dari juz 30, kemudian lanjut mulai juz 1 dan seterusnya.

Memang, kebanyakan dimulai dari juz 30 dikarenakan surat dan ayat pada juz tersebut terbilang pendek. Surat-surat pendek tersebut juga sering dibaca saat seseorang melaksanakan ibadah shalat. Tentunya, ini sangat cocok untuk peserta pemula yang baru mulai belajar Tahfidz Al Qur'an, terutama kalangan anak-anak.

Program tahfidz
Para santri sedang tasyakuran setelah menyelesaikan Tahfidz An Naba

Adapun tujuan operasional program Tahfidz di TPQ Al Hikmah adalah para santri TPQ sebelum lulus diupayakan sudah selesai Tahfidz juz 30. Tentunya, kami menyadari adanya kemungkinan kendala-kendala dalam realisasinya.

Dengan mengharap Ridha dan Rahmat Allah semoga program ini dapat terlaksana sesuai yang di rencanakan. Admin


DOKUMENTASI KEGIATAN
Al Hikmah Tegal
Terbaru Lebih lama

ARTIKEL TERKAIT

Posting Komentar