ZHsUuqapmVq6WEAviVpqkm2vfcrvCXMDInLmHdSj

Khatmil Quran TPQ Al Hikmah 2022

Daftar Isi [ Buka ]

Khatmil Quran Al Hikmah

Al Hikmah Tegal. Khatmil Quran TPQ AL Hikmah tahun 2022 telah dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juli 2022. Acara secara umum berjalan dengan lancar. 

Alhamdulillah, pada tahun 2022 ini merupakan Haflah / Peringatan yang ke 21 sejak berdirinya TPQ Al Hikmah Tegal (tahun 2000). Usia yang cukup matang untuk melangkah dalam Khidmah sosial keagamaan. 

Jumlah peserta Khotmil Quran ke 21 terdiri dari 26 santri Juz Amma dan 20 santri Quran. 

Rangkaian kegiatan Haflah dapat dikelompokkan dalam 2 kategori, yakni kegiatan pra acara dan kegiatan pelaksanaannya.


Pra Acara

Sebuah acara tentu membutuhkan segala persiapan yang matang. Hal ini sekaligus sebagai upaya memperbaiki kegiatan serupa yang berjalan pada tahun-tahun sebelumnya. 

Panitia Karnaval

Pra Acara dimulai dari penyusunan RAB (Rencana Anggaran Belanja) bersama orang tua santri, dan rapat-rapat kepanitiaan, seperti rapat koordinasi (rakor) kepanitiaan internal (Asatidz) dan kepanitiaan eksternal (unsur masyarakat dan alumni). Besar harapan dengan adanya rakor ini, kegiatan Haflah berjalan dengan lancar dan penuh makna. 


Lomba-lomba 

Semarak Khatmil Quran mulai terasa dengan adanya lomba-lomba santri baik yang bersifat rohani maupun jasmani. Diantaranya lomba kelereng, lomba korek api, lomba memasukkan pulpen, lomba teks Pancasila, lomba sholawat, surat-surat pendek, lomba adzan Iqamah, dan lain sebagainya. Tampak para santri merasa senang selama kegiatan lomba berlangsung.

Lomba santri

Para pemenang lomba diumumkan pada saat acara pentas seni santri.


IMTAS (Ujian Akhir) 

Untuk mendapatkan tanda khatam, semua santri peserta Khatmil Quran wajib mengikuti ujian akhir/ IMTAS. Untuk golongan Juz Amma (Juz 30) ujiannya dilaksanakan pada hari Jumat, 08 Juli 2022. Sedangkan untuk golongan Quran (30 Juz), ujian dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022. 

IMTAS Tilaawati

Adapun materi ujian golongan Juz Amma ada 8 materi, yakni :

  • Fashohah; 
  • Tartil; 
  • Tajwid;
  • Surat Pendek; 
  • Doa-Doa Harian; 
  • Praktek Sholat; 
  • Wirid Sholat; dan
  • Menulis. 

Untuk peserta ujian golongan Quran ada materi ujian tambahan yakni : Gharib dan Maulid Dibai. 

Alhamdulillah, dari semua peserta ujian, baik Juz Amma maupun Quran, dinyatakan LULUS.


KARNAVAL 

Rangkaian kegiatan pelaksanaan Haflah Khotmil Quran diawali dengan acara karnaval/ pawai ta'aruf. Kegiatan ini bertepatan dengan tahun baru Hijriyah 1444 H, maka karnaval juga sekaligus bertujuan mensyiarkannya.

Karnaval tahun baru

Karnaval tahun ini tampak lebih teratur jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya perubahan beberapa pola penanganan sejak penataan barisan hingga tempat finis. Kemeriahan karnaval semakin terasa dengan hadirnya beberapa kreasi replika hewan yang dinaiki anak-anak. 

Animo masyarakat juga semakin meningkat yang terlihat dari kehadiran mereka di pinggiran jalan sembari menunggu kedatangan peserta karnaval, bahkan sebagian ikut serta dalam barisan karnaval meski hanya setengah jalan.

 

Gunungan Buah dan Doorprize 

Terasa hampa jika dalam karnaval tidak ada gunungan buah / sekaten sebagai partisipasi dan kreasi masyarakat. Setelah diarak sepanjang rute karnaval, sesampainya di finis, sekaten kemudian dibacakan doa oleh KH. Makhdum Muttakin, S.Ag selaku Pengasuh Yayasan Al Hikmah Tegal, selanjutnya masyarakat saling berebut untuk mendapatkan gunungan buahnya. Suasana sempat pecah karena masyarakat antusias ingin mendapatkan buah yang tertumpuk rapih.

Sekaten

Malam karnaval semakin larut, namun tampak masyarakat tetap antusias hingga akhir acara. Mereka tampak sabar menanti pembagian doorprize yang mana pada tahun ini Panitia telah menerima sumbangan doorprize utama yakni 2 buah sepeda dewasa, disamping beberapa doorprize lainnya. 

Doorprize sepeda


Pentas Seni Santri 

Sebagai kegiatan pendukung guna memeriahkan suasana Haflah, para santri juga ikut unjuk kebolehan dalam kegiatan pentas seni santri. Dalam acara ini para santri menampilkan ragam pentas seni islami, seperti tarian islami, sholawat, Mars TPQ, Surat Pendek, Doa Harian dan Nadzom Aqidatul Awwam. 

Pentas seni Al hikmah tegal

Haflah Khotmil Quran

Puncak kegiatan Haflah adalah prosesi Khotmil Quran. Rangkaian acara dimulai dari pembacaan surat At-Takatsur sampai surat An-Nas di lanjut Surat Al Baqarah ayat 1-5

Khatmil Quran Al Hikmah

Suasana Khatmil mulai pecah saat diantara peserta Khatmil diuji ulang oleh Ustadz Hafidz Mu'arif Al Hafidz selaku Korpus Metode Tilaawati. Dengan gayanya yang khas dan lantunan suaranya yang merdu, beberapa peserta diuji ulang dengan beberapa pertanyaan seputar tajwid dan Gharib. 

Bagi anak, tentu tak mudah membangun mental untuk bisa menjawab diatas panggung dan disaksikan banyak orang. Sehingga tampak ada kegrogian saat menjawabnya. Namun secara umum, karena para peserta telah dipersiapkan kematangan materi ujian yang dilaksanakan sebelumnya, maka semua pertanyaan Penguji dapat dijawab dengan baik. 


Santunan Anak Yatim 

Prosesi Khotmil Quran ditutup dengan kegiatan santunan santri yatim yang berjumlah 15 anak. Acara ini diprakarsai ibu-ibu Jam'iyyah Nurul Islam (Jam'iyyah Seninan) dan juga penyantun umum. 

Santunan anak atim

Keharuan suasana acara santunan mulai terasa saat KH. Muhammad Ibrahim membacakan doa, dan semakin pecah saat lantunan sholawat mahalul qiyam mulai menggema. 

Semoga para penyantun mendapatkan balasan dari Allah dengan balasan yang terbaik. Dan yang disantuni tetap termotivasi untuk terus belajar Quran dan kelak menjadi generasi yang berkarakter. 


Apresiasi dan Evaluasi

Panitia

Atas nama segenap Panitia dan Pengurus Yayasan Al Hikmah Tegal mengucapkan terima kasih atas segala bentuk partisipasi semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Hanya untaian doa dari kami Jazakumullah Ahsanal Jaza (semoga Allah membalas dengan balasan yang terbaik). 

Tak lupa, atas nama panitia, Kami juga minta maaf bila masih ada kekurangan disana-sini. Kami sudah mencatat beberapa point bagian tertentu sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk waktu-waktu yang akan datang. 

Besar harapan, melalui kegiatan Karnaval dan Haflah Khatmil Quran, jalinan Shilaturahim semua komponen masyarakat tetap terjaga dan kegiatan tesebut memberikan manfaat luas pada masyarakat. Admin (31/07/2022)




proposal permohonan dana

ARTIKEL TERKAIT

Posting Komentar