ZHsUuqapmVq6WEAviVpqkm2vfcrvCXMDInLmHdSj

Khutbah Jumat Singkat Renungan Umur

Daftar Isi [ Buka ]
Khutbah Jum'at Singkat Padat







Khutbah Pertama

أَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِى بَدَأَ الْسَّنَةَ بِشَهْرِ اللّهِ مُحَرَّم. وَاَمَرَ بِالتَّقْوَى وَجَعَلَ اَتْقَ النَّاسِ عِنْدَ اللّهِ اَعْظَمَ وَاَكْرَمَ. اَشْهَدُ اَنْ لَّا اِلهَ اِلَّا اللّهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللّهِ, شَهَادَةَ مَنْ امَنَ وَاَسْلَمَ. اَللّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ مَبْعُوْثٍ اِلى كَافَّةِ الْأَنَامِ. فَاتَّقُوْا اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. وَاَطِيْعُوْهُ حَقَّ طَاعَتِهِ وَلَا تُصَلُّنَّ إٍلَّا وَاَنْتُمْ خَاشِعُوْنَ. أَعُوْذُ بِاللّهِ مِنَ الْشَّيْطَانِ الْرَّجِيْمِ بِسْمِ اللَّه الْرَّحْمنِ الرّحِيْمِ. وَإِذَ آتَيْنَا مُوْسَى الْكِتَابَ وَالْفُرْقَانَ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Kaum Muslimin Rahimakumullah.

Hadirin Rohimakumulloh.

Puji dan syukur marilah kita senantiasa panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat Rahmat dan Hidayah-Nya, Alhamdulillah kita semua bisa menjalankan salah satu kewajiban kita yaitu menunaikan Ibadah Jum’at.

Solawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada baginda tercinta, nabi besar, pembawa kebenaran, pembawa kabar gembira bagi yang mentaati perintah Alloh dan mentaatinya ya’ni habibana wanabiyana Muhammad SAW, juga kepada keluarga, sahabat dan semua pengikutnya sampai akhir jaman, dan semoga kita mendapat syafaatnya di hari qiamat nanti.

Saya sebagai khotib, berwasiat khusus pada diri dan kepada hadirin semua untuk sama-sama mari kita meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt, taqwa dengan sebenar-benarnya taqwa agar kehidupan kita diberikan kemudahan oleh Allah dan dibahagiakan di hari kiamat nanti.

Hadirin Rohimakumulloh.

Alhamdulillah, waktu terus berputar, tidak terasa; kita semua telah memasuki tanggal ...... bulan Muharram ...... H. Bulan Muharram, merupakan bulan pertama dalam tahun Hijriyyah yang digunakan dalam penanggalan resmi agama Islam seperti penentuan usia baligh, haul zakat, puasa Romadhon serta ibadah haji. Sejarah permulaan Bulan Muharram menjadi tahun Hijriyah diawali dengan peristiwa hijrahnya Rosulullah SAW dari mekah ke Madinah. Hijrah yang paling terkenal dalam perjalanan perjuangan Rosul untuk menyebarkan agama Islam.

Hadirin Rohimakumulloh.

Masuknya Bulan Muharram sebagai bulan pertama pada tahun Hijriyyah, menjadi pertanda bertambahnya usia bagi kita semua. Dengan pergantian tahun kita harus menyadari bahwa umur telah bertambah tapi hakikatnya kematian semakin mendekat. Seseorang yang menyadari akan hal ini maka beberapa sikap batin akan muncul, diantaranya;
  1. Sikap mensyukuri nikmat, panjang usia merupakan modal pokok untuk melaksanakan Ibadah kepada Alloh SWT.
  2. Sikap tafakkur, artinya dengan ditambahkannya usia kita harus menyadari bahwa panjang usia harus disertai dengan Ibadah karena kita berharap ingin termasuk orang yang beruntung. Sabda Rasululloh SAW.

خَيْرُكُمْ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ

Artinya: yang terbaik diantara kalian adalah orang yang usianya panjang dan baik amalnya. (HR. Tirmidzi)

Maka tatkala kita ingin masuk pada kelompok yang baik maka hendaklah kita bersyukur atas ditambahkannya umur dan kita harus merencanakan peningkatan amal, minimal mempertahankan kebaikan yang pernah kita jalani dalam memasuki tahun baru sekarang

Hadirin Rokhimakumulloh...

Apabila hasil tafakur dan muhasabah menunjukan kita termasuk pada golongan manusia yang dipanjangkan usia tapi jelek perilakunya, maka harus segera sadar dan taubat, menyesal disertai kesedihan dan meninggalkan seluruh pekerjaan yang jelek serta selalu memohon ampunan kepada Alloh SWT.

Mari kita hisab diri kita sendiri sebelum kita akan dihisab nanti pada hari kiamat.  Umar bin Khathab berkata :

حَاسِبُوآ اَنْفُسَكُمْ فَبْلَ اَنْ تُحَاسَبُوا وَزِنُوْهَا قَبْلَ اَنْ تُوْزَنُوا

Hisablah diri kalian sebelum dihisab pada hari Akhirat. Dan timbanglah amal kalian sebelum ditimbang pada hari qiamat.

Selanjutnya kita harus meniatkan bahwa tahun ini kita akan melakukan perubahan dan peningkatan amal yang tentunya lebih baik dari tahun sebelumnya.

بَارَكَ اللهُ لِى وَلََكُمْ بِالْقُرْأنِ الْعَظِيْمِ. وَتَقَبَّلَ مِنِّا وَمِنْكُمْ تِلاِوَتَهُ إنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.

Kاutbah ke Dua

بَارَكَ اللهُ لِى وَلََكُمْ بِالْقُرْأنِ الْعَظِيْمِ. وَتَقَبَّلَ أَلْحَمْدُ لِلّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا. وَالْشُّكْرُ لَهُ شُكْرًا كَبِيْرًا. اَشْهَدُ اَنْ لَااِلهَ اِلَّا اللّهُ عَزِيْزًا قَدِيْرًا. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللّهِ سَمِيْعًا بَصِيْرًا. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ بَشِيْرًا وَّنَذِيْرًا. وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَالْتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ اَوَّلاً وَّاَخِيْرًا. (اَمَّا بَعْدُ) فَيَااَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللَّهَ وَاعْبُدُوْهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الْدِّيْنَ وَلاَ تَتَّبِعُوا اَهْواَئَكُمْ وَاَنْفُسَكُمْ وَالشَّيَاطِيْنَ. أَعُوْذُ بِاللّهِ مِنَ الْشَّيْطَانِ الْرَّجِيْمِ بِسْمِ اللَّه الْرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. أمِيْنْ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمَيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ. وَاجْعَلْهُمْ مُعَظِّمِيْنَ لِلنَّبِيِّ وَمُعَظَّمَاتِ. لِيَنَالُوا الشَّفَاعَاتِ فِى الدُّنْيَا وَبَعْدَ الْمَمَاتِ. رَبَنَا اتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ .عِبَادَ اللَّهِ! اِنَّ اللَّهَ يَاْمُرُ بِالْعَدْلِ والْاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. وَلَذِكْرُ اللَّهِ اَكْبَرُ  
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar