ZHsUuqapmVq6WEAviVpqkm2vfcrvCXMDInLmHdSj

Khatmil Quran dan Wisuda 2023 TPQ AL HIKMAH

Daftar Isi [ Buka ]

 

Khatmil Quran

Al Hikmah Tegal. Khatmil Quran dan Wisuda angkatan ke XXII TPQ AL Hikmah tahun 2023 telah dilaksanakan pada tanggal 17-19 Juli 2023. Acara secara umum berjalan dengan lancar dan terkesan meriah.

Alhamdulillah, pada tahun 2023 ini merupakan Haflah / Peringatan yang ke 22 sejak berdirinya TPQ Al Hikmah Tegal (tahun 2000). Usia yang cukup matang untuk melangkah dalam Khidmah sosial keagamaan. 

Jumlah peserta Khotmil Quran ke 22 terdiri dari 32 santri Juz Amma dan 22 santri Quran. Secara keseluruhan, merupakan jumlah wisudawan terbanyak dalam sejarah pelaksanaan Khatmil Quran TPQ Al Hikmah Tegal


IMTAS (Ujian Akhir) 

Untuk mendapatkan tanda khatam, semua santri/ wisudawan peserta Khatmil Quran wajib mengikuti ujian akhir/ IMTAS. Untuk golongan Juz Amma (Juz 30) ujiannya dilaksanakan pada hari Ahad, 02 Juli 2023, dengan penguji dari unsur Asatidz TPQ. Sedangkan untuk golongan Quran (30 Juz), ujian dilaksanakan pada hari Ahad, 9 Juli 2023, dengan penguji dari Pengurus Pusat Koordinator Metode Tilawati Tegal.

Ujian akhir tpq Al hikmah
Pengarahan peserta IMTAS oleh Penguji

Adapun materi ujian golongan Juz Amma ada 9 materi, yakni :

  • Tahfidz juz 30
  • Fashohah; 
  • Tartil; 
  • Tajwid;
  • Surat Pendek; 
  • Doa-Doa Harian; 
  • Praktek Sholat; 
  • Wirid Sholat; dan
  • Menulis. 

Untuk peserta ujian golongan Quran ada 10 materi uji meliputi :

  • Fashohah
  • Tartil; 
  • Gharib;
  • Tajwid;
  • Surat Pendek; 
  • Doa-Doa Harian; 
  • Praktek Sholat; 
  • Wirid Sholat; 
  • Maulid Dibai, dan
  • Menulis. 

Alhamdulillah, dari semua peserta ujian, baik Juz Amma maupun Quran, dinyatakan LULUS.


Pentas Seni Santri 

Sebagai kegiatan pendukung guna memeriahkan suasana Haflah, para santri juga ikut unjuk kebolehan dalam kegiatan pentas seni santri yang dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juli 2023 dari pukul 14.00-16.00 wib. Dalam acara ini para santri menampilkan ragam pentas seni islami, seperti tarian islami, sholawat, Surat Pendek, Doa Harian dan Nadzom Aqidatul Awwam. 


KARNAVAL 

Pelaksanaan Haflah Khotmil Quran tahun 2023 bertepatan dengan datangnya tahun baru Islam 1445 H, maka guna lebih memeriahkan acara, pada malam Rabu, 18 Juli 2023 yang bertepatan dengan 1 Muharram 1445 H, dilaksanakan karnaval/ pawai ta'aruf dengan tujuan syiar keagamaan.

Karnaval tahun ini tampak lebih teratur jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya perubahan beberapa pola penanganan mulai dari penataan barisan hingga tempat finish. Kemeriahan karnaval semakin terasa dengan hadirnya beberapa kreasi replika hewan yang dinaiki anak-anak. 

Kreatifitas santri
Kreatifitas masyarakat dalam karnaval

Kemeriahan karnaval mulai terasa saat kembang api dinyalakan tepat pukul 19.30 sebagai tanda karnaval akan dimulai. Hal ini menjadi bagian daya tarik meningkatnya animo masyarakat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Animo masyarakat semakin meningkat terlihat dari kehadiran mereka di pinggiran jalan sembari menunggu kedatangan peserta karnaval, bahkan sebagian ikut serta dalam barisan karnaval meski hanya setengah jalan.

 

Gunungan Buah dan Doorprize 

Terasa hampa jika dalam karnaval tidak ada gunungan buah / sekaten sebagai partisipasi dan kreasi masyarakat. Setelah diarak sepanjang rute karnaval, sesampainya di finish, sekaten kemudian dibacakan doa oleh KH. Makhdum Muttakin, S.Ag selaku Pengasuh Yayasan Al Hikmah Tegal, selanjutnya masyarakat saling berebut untuk mendapatkan gunungan buahnya. Suasana semakin pecah karena masyarakat antusias ingin mendapatkan buah yang tertumpuk rapih

Buah sekaten
Gunungan buah kreasi masyarakat

Malam karnaval semakin larut, namun tampak masyarakat tetap antusias hingga akhir acara. Mereka tampak sabar menanti pembagian doorprize yang mana pada tahun ini Panitia telah menerima sumbangan doorprize utama yakni 2 buah sepeda dewasa, disamping beberapa doorprize lainnya.

Doorprize Al hikmah
Pembagian doorprize


Haflah Khotmil Quran

Puncak kegiatan Haflah adalah prosesi Khotmil Quran, dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juli 2023 Pukul 08.00-13.00 wib. Rangkaian acara dimulai dari pembacaan surat Al Quraisy sampai surat An-Nas di atas panggung penghormatan oleh para wisudawan. 

Acara dilanjut dengan uji ulang wisudawan. Suatu kehormatan pada kesempatan ini, KH. Ahmad Muhdzir, M.Ag selalu Kepala Kementerian Agama Kota Tegal didaulat untuk menguji Tahfidz wisudawan Juz Amma. Beberapa anak, beliau uji ulang dengan sambung ayat. Tampak, ada yang kurang lancar, ada juga yang sangat lancar.

Uji ulang tahfidz
Uji ulang tahfidz Juz Amma oleh Kepala Kemenag Kota Tegal

Sementara itu, untuk wisudawan firqah Quran diuji ulang oleh Ustadz Hafidz Mu'arif Al Hafidz selaku Korpus Metode Tilaawati. Dengan gayanya yang khas dan lantunan suaranya yang merdu, beberapa peserta diuji ulang dengan beberapa pertanyaan seputar tajwid dan Gharib. 

Bagi anak, tentu tak mudah membangun mental untuk bisa menjawab diatas panggung dan disaksikan banyak orang. Sehingga tampak ada kegrogian saat menjawabnya. Namun secara umum, karena para peserta telah dipersiapkan kematangan materi ujian yang dilaksanakan sebelumnya, maka semua pertanyaan Penguji dapat dijawab dengan baik.


Gema Kalam Ilahi oleh KH. Muammar ZA

Keinginan Panitia menghadirkan Qari berkelas kini terobati. Agenda ini sudah direncanakan sejak tahun 2019, namun terkendala pandemi Corona-19. 

Siapa yang tidak mengenal Beliau, semua orang tentu mengenalnya. Dulu, Beliaulah yang selalu terdengar suaranya melalui masjid-masjid kampung menjelang waktu Maghrib. Mendengar suaranya secara langsung merupakan sebuah kehormatan.

Muammar ZA
Lantunan gema Kalam Ilahi oleh KH. Muammar ZA

Diusianya sekarang ini (68 tahun), suaranya masih terdengar merdu dan suara tingginya menjadi khas dalam tiap qiraahnya. 

Kehadiran Beliau pada Peringatan Khatmil Quran TPQ Al Hikmah Tegal pada tanggal 19 Juli 2023 diharapkan mampu menjadi magnet dan memotivasi kita untuk terus hidup bersama Quran agar kelak kita mendapat syafaatnya.


Santunan Anak Yatim 

Prosesi Khotmil Quran ditutup dengan kegiatan santunan santri yatim yang berjumlah 15 anak. Acara ini diprakarsai ibu-ibu Jam'iyyah Nurul Islam (Jam'iyyah Seninan) dan juga penyantun umum.

Santunanan anak yatim
Prosesi santunan yatamA di Al Hikmah Tegal

Keharuan suasana acara santunan mulai terasa saat lantunan sholawat mahalul qiyam mulai menggema. 

Semoga para penyantun mendapatkan balasan dari Allah dengan balasan yang terbaik. Dan yang disantuni tetap termotivasi untuk terus belajar Quran dan kelak menjadi generasi yang berkarakter. 


Apresiasi dan Evaluasi

Atas nama segenap Panitia dan Pengurus Yayasan Al Hikmah Tegal mengucapkan terima kasih atas segala bentuk partisipasi semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Hanya untaian doa dari kami Jazakumullah Ahsanal Jaza (semoga Allah membalas dengan balasan yang terbaik).

Alumni Al Hikmah
Panitia Alumni Khatmil Quran 2023

Tak lupa, atas nama panitia, Kami juga minta maaf bila masih ada kekurangan disana-sini. Kami sudah mencatat beberapa point bagian tertentu sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk waktu-waktu yang akan datang. 

Besar harapan, melalui kegiatan Karnaval dan Haflah Khatmil Quran, jalinan Shilaturahim semua komponen masyarakat tetap terjaga dan kegiatan tesebut memberikan manfaat luas pada masyarakat. Admin (19/07/2023)


DOKUMENTASI KEGIATAN

ARTIKEL TERKAIT

Posting Komentar